Saturday, November 1, 2014

Mengenal Jenis-Jenis Kanker Kulit

Mengenal Jenis-Jenis Kanker Kulit - Seperti biasanya, Anda sedang mematut-matut diri di depan cermin setelah anda memakai make up. Ketika tiba-tiba, ups, apa ini? Bintik aneh di wajah? Dari mana datangnya? Sekarang Anda betul-betul terjaga dan langsung merasa cemas. Apa ini? Pasti bukan tahi lalat. Kelihatannya bukan tahi lalat. Tapi, mana mungkin kanker. Itu hanya pada orang yang sudah sangat lanjut, betul? Kabar ini sangat memberatkan hati bagi banyak orang, tetapi kasus melanoma jenis kanker kulit yang ganas dan berpeluang mematikan di Amerika meningkat lebih cepat dibanding jenis kanker yang lain. Sementara itu, kasus kanker kulit lain berkembang dengan laju 6 persen setiap tahun. Itu barangkali karena kita terlalu banyak mandi cahaya matahari sementara lapisan ozon yang melindungi kita dari radiasi yang buruk telah semakin tipis.

jenis kanker kulit, Kanker dan Tumor,


Yang dahulu diduga hanya diderita oleh para pegolf lanjut usia kini mulai menyerang banyak orang lebih muda. Itu sudah cukup untuk membuat Anda mempertimbangkan untuk berteduh saja di club/muse sepanjang hari dan memberikan kesempatan bermain kepada teman-teman yang lebih muda. Alangkah baiknya bila Anda tetap bermain. Kanker kulit memang menakutkan, tetapi yang satu ini hampir 100 persen dapat disembuhkan, asalkan belum terlambat.

Jenis kanker kulit banyak sekali, tetapi dalam semua kasus, yang menjadi biang keladi adalah radiasi matahari, Kata Vincent De Leo, M.D., profesor dermatologi di Columbia Presbyterian Medical Center di New York City. Semua orang bisa terserang, tetapi jika orangtua atau kakek/nenek Anda pernah menderita kanker kulit, atau jika kulit dan mata Anda berwarna terang, risiko Anda lebih besar. Untungnya, kanker kulit yang paling sering terjadi jenis yang dikenal sebagai kanker sel basal dan kanker sel bersisik jarang sekali menyebar, walaupun mungkin termasuk bandel, dalam arti kanker ini dapat datang lagi meskipun telah diobati sampai sembuh, kata Dr. De Leo.

Kanker ini biasanya ditemukan pada daerah yang sering terkena cahaya matahari, misalnya wajah. Kanker sel basal kelihatan seperti benjolan kecil, entah sewarna dengan kulit atau kecokelatan hingga kelabu. Benjolan ini mungkin ada luka kecilnya di bagian tengah yang mudah berdarah ketika Anda mengusapnya dengan handuk, misalnya. Pertumbuhan kanker sel bersisik hampir sama, tetapi benjolannya mungkin mempunyai bagian yang keras di dalamnya.

Jenis kanker kulit yang paling ganas adalah melanoma. Jenis ini kurang umum, tetapi bisa fatal. Kanker ini menyebar ke organ-organ tubuh yang lain. Secara umum, pria mempunyai risiko lebih besar untuk mendapatkan melanoma karena mereka cenderung lebih banyak terkena cahaya matahari selama hidup dibanding kaum wanita, kata David J. Leffell, M.D., kepala bagian bedah kulit di Yale University School of Medicine di New Haven, Connecticut. Akan tetapi, kadang-kadang melanoma berkembang pada daerah kulit yang biasanya tidak terkena cahaya matahari.

Awalnya mungkin seperti sebuah tahi lalat tetapi kemudian mengalami perubahan-perubahan yang tidak lazim. Jenis kanker kulit ini juga dapat berawal dari bercak besar kecokelatan yang rata atau dari benjolan kecil yang berdarah.Tampaknya menyeramkan, tetapi coba kita pelajari lebih lanjut. Walaupun kanker kulit lebih sering datang setelah anda cukup lanjut, Anda mempunyai peluang besar untuk mengatasinya, karena dua alasan yang bagus. Pertama, kanker kulit mudah didiagnosis, dan kedua dalam kebanyakan kasus, penyakit ini dapat disembuhkan. Dengan mengenal jenis-jenis kanker kulit semoga dapat menambah wawasan Anda. Sempga dapat bermanfaat.

Mengenal Jenis-Jenis Kanker Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments