Wednesday, October 29, 2014

Mengenali Gejala Dan Penyebab Diabetes

Mengenali Gejala Dan Penyebab Diabetes - Penyakit kencing manis atau dikatakan juga sebagai diabetes adalah penyakit kronis dengan indikasi bertambahnya konsentrasi gula darah karena terjadinya masalah dalam metabolisme tubuh. Kencing manis ini tak bisa diobati akan tetapi kadar gula dalam darah bisa dikendalikan tetap normal. Penyakit kencing manis muncul disebabkan sedikitnya kadar insulin. Insulin sendiri adalah senyawa yang diproduksi pankreas yang berguna memproses glukosa untuk menghasilkan energi. Makanan yang dimakan tak mampu menghasilkan energi, malah kadar gula dalam darah akan terus bertambah yang disebut hiperglikemia.

diabetes, gejala diabetes, penyebab diabetes,

Penyakit diabetes ini muncul dengan tanda-tanda awal sebagai berikut ini :

1. Kerap kencing
Dialami oleh seseorang sebab ginjal hendak membuang kelebihan gula dalam darah. Pada anak, ngompol pun bisa sebagai indikasi terjadinya penyakit diabetes, lebih-lebih bila tadinya anak tidak pernah ngompol.

2. Selalu merasa haus dan ingin minum
Dikarenakan banyak cairan yang dibuang lewat mekanisme kencing, seseorang biasanya jadi mudah merasa haus.

3. Berat tubuh berkurang
Tubuh tak mampu lagi mengolah gula menjadi energi dan akhirnya mengurai otot dan cadangan lemak untuk dirubah menjadi energi untuk kebutuhan sel-sel tubuh yang lapar. Kendati nafsu makan cenderung normal namun berat badan tidak bertambah.

4. Gampang capek
Tak adanya energi yang dihasilkan berdampak pada tubuh yang gampang merasa lelah dan tak bertenaga.

5. Kerap muncul kesemutan
Indikasi ini muncul disebabkan pembuluh darah rusak, akibatnya darah yang bersirkulasi di ujung saraf menjadi menurun.

6. Luka yang tak sembuh-sembuh
Gejala ini merupakan akibat lain dari rusaknya pembuluh darah dan saraf. Pengidap diabetes tak akan merasa sakit bila tubuhnya menderita luka. Orang-orang itu malah seringnya tak menyadari jika tubuhnya terkena luka. Kombinasi tingkat gula darah tinggi dan tak merasa sakit, sehingga luka yang semula kecil bisa membesar dan akhirnya membusuk. Bila sudah berada pada fase ini, amputasi adalah satu-satunya solusi terbaik.

7. Terjadinya infeksi vagina
Khusus pada wanita, penyakit diabetes pun sering diawali dengan terjadinya keputihan berulang kali, kendati sudah diobati.

Penyakit diabetes sendiri dibedakan menjadi dua yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pencetus diabetes tipe 1 terutama karena mekanisme kekebalan tubuh anda yang biasanya bekerja menangkal serangan bakteri dan virus, ini justru mengganggu hormon insulin. Keadaan tersebut akan menjadikan anda mengalami defisiensi atau malah tak mempunyai hormon insulin dalam tubuh sama sekali. Akibatnya konsentrasi gula akan mengendap dalam darah.

Sementara penyulut pre-diabetes dan diabetes tipe 2 adalah sel-sel tubuh yang menjadi resisten pada hormon insulin. Kejadian tersebut mengakibatkan pankreas tak sanggup memproduksi hormon insulin dalam jumlah cukup. Akibatnya pun sama saja, konsentrasi gula menumpuk dalam aliran darah. Sebab jelasnya tak terungkap pasti namun lemak tubuh berlebih dan kurang aktifitas dicurigai sebagai penyebab utama.

Demekianlah informasi cara Mengenali Gejala Dan Penyebab Diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Mengenali Gejala Dan Penyebab Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments