Thursday, October 30, 2014

Sehat Dengan Aromaterapi

Sehat Dengan Aromaterapi - Salah satu terapi yang bisa dilakukan untuk penyembuhan dan mendapatkan kesehatan adalah dengan aromaterapi, yaitu suatu terapi yang menggunakan konsentrat minyak esensial yang sudah diekstraksi dari beberapa tanaman tertentu. Biasanya, minyak esensial (aromaterapi) banyak digunakan untuk bahan pijat atau pelengkap membersihkan tubuh. Pada dasarnya, minyak esensial adalah sari bahan wewangian yang mudah menguap yang terdiri dari bahan-bahan kimiawi alami dan lebih sering disebut dengan terpene. Biasanya, minyak ini dapat diperoleh dari beberapa tanaman obat atau makanan. Untuk mendapatkannya, dilakukan dengan cara penyulingan uap. Bahan ini dapat ditemukan pada bunga, daun, akar, rumput, kulit, damar, dan kulit kayu.

aromaterapi, manfaat aromaterapi, Tips,


Cara kerja minyak esensial melalui proses penyerapan minyak oleh kulit dan reaksinya terjadi selama 20 menit setelah pengolesan. Meskipun dapat diperoleh dari beberapa tanaman obat, tetapi hanya bagian-bagian tanaman yang mudah menguap dan wangi saja yang bisa dijadikan minyak esensial, sehingga minyak itu bisa berdaya guna lama sebagai obat herbal. Biasanya, aromaterapis memanfaatkan minyak esensial dalam banyak cara, seperti dalam bentuk pemijatan, dijadikan bahan yang mudah diisap, atau meneteskan minyak esensial ke dalam bak mandi.

Ada banyak sekali jenis minyak esensial dan masing-masing jenis itu memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Biasanya, para aromaterapis akan menanyakan para pasiennya terlebih dahulu untuk mengetahui sejarah medisnya secara terperinci serta mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan masalah diet, gaya hidup, dan semua masalah yang berhubungan dengan kesehatan Anda. Dengan mengetahui sejarah medis, maka para aromaterapis akan mudah menentukan minyak esensial yang cocok untuk kesembuhan dan kesehatan. Pemakaian minyak esensial tidak hanya didasarkan pada satu jenis minyak saja. Kadang-kadang, dengan pertimbangan tertentu, diperlukan beberapa campuran minyak esensial untuk pasien tertentu pula.

Selama ini, manfaat aromaterapi dengan menggunakan minyak esensial dipercaya dapat membantu mengurangi stres, merawat sakit otot, penderita asma, eksem, masalah pencernaan, menstruasi, menopause, sakit kepala, dan insomnia. Meskipun manfaat-manfaat tersebut sampai saat ini masih terus diteliti,tetapi yang sudah dibuktikan tentang manfaat aromaterapi adalah mampu membantu mengurangi kecemasan dan memperbaiki kesehatan. Hal ini didasarkan pada prediksi akan adanya efek kandungan zat kimia yang terdapat dalam minyak esensial.

Biasanya, sifat minyak esensial sangat pekat dan sangat beracun, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam mcnggunakannya. Minyak ini dapat diencerkan dengan minyak sayur, seperti minyak badam (almond) atau minyak biji anggur, sebelum digunakan di kulit. Bagi para ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak esensial ini, sebab ada beberapa jenis minyak esensial yang tidak baik digunakan untuk ibu yang sedang menyusui karena dikhawatirkan bercampur dengan ASI.

Minyak esensial yang terdiri dari sitrun lemon dan jeruk diyakini dapat menyebabkan kulit terbakar karena kandungannya dapat bereaksi terhadap sinar ultraviolet. Minyak tersebut dapat memperparah masalah-masalah kulit, seperti fennel, rosemary, verbena, dan serai. Minyak sage, aniseed, dan hyssop mengandung racun. Selain itu, terdapat beberapa jenis tanaman lain yang tidak boleh dipakai oleh para penderita epilepsi (fennel dan wormwood) dan penderita tekanan darah tinggi (rosemary dan thyme). 

Saat ini, sudah mudah untuk mendapatkan minyak esensial. Beberapa toko makanan dan kesehatan, apotek, dan toko khusus yang menjual herbal, biasanya menyediakan minyak esensial dengan berbagai jenis dan aroma. Minyak-minyak esensial seperti minyak lavender, camomile, pohon teh, Clary sage, geranium, kayu cendana, dan ylang-ylang merupakan minyak esensial yang sangat cocok untuk digunakan di rumah. Untuk mendapatkan minyak esensial yang baik dan dapat memberikan hasil sempurna, mungkin harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal.
Demikianlah artikle yang membahas tentang bagaimana hidup sehat dengan aromaterapi, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Sehat Dengan Aromaterapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Comments
0 Comments